Kurikulum

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kepada satuan pendidikan untuk menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum Pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian serta rambu-rambu penyusunan kurikulum yang disusun BSNP.


Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu tersebut meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah , satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu, kurikulum disusun berdasarkan satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

B.      Dasar Hukum
1.   Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2.      Peraturan Pemerintah  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 24 tahun 2006 dan nomor 6 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Permendiknas nomor 22 dan 23 tahun 2006
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian
7.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses


C.      Tujuan Pengembangan Kurikulum
Kurikulum SMP YZA 2 Bogor disusun bertujuan agar :
1.      Manajemen pendidikan dan pengajaran memiliki alat dan arah, sehingga Visi, Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan dapat terukur dalam setiap tahunnya sebagai target jangka pendek.
2.      Mencapai sasaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
3.      Mencapai sasaran sesuai dengan kebutuhan lokal dan global.

D.     Prinsip Pengembangan Kurikulum
              Kurikulum SMP YZA 2 Bogor dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.      Bertitik tolak pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Pengembangan kurikulum disusun berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi utama untuk dikembangkan kemampuannya agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan kemampuan peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
2.      Beragam dan terpadu
Pengembangan kurikulum disusun berdasarkan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi. Kurikulum meliputi subtansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Pengembangan kurikulum disusun berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh kerena itu, isi kurikulum mampu mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara tepat.
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pemangku kepentingan ( stakeholder) dilibatkan dalam pengembangan kurikulum untuk menjamin kesesuaian pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, berpikir, sosial, akademik, dan vokasional merupakan suatu keharusan.
5.      Menyeluruh dan berkelanjutan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkelanjutan antarjenjang pendidikan.
6.      Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur - unsur pendidikan formal, informal dan non formal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Pengembangan kurikulum memperhatikan kepentingan nasional dan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sesuai dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.


BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN

A.         TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia serta keterampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B.         VISI
Visi Kota Bogor :
” Kota Jasa Yang Nyaman Dengan Masyarakat Madani Dan Pemerintahan Amanah"
Visi Dinas Pendidikan Kota Bogor :
“ Mencerdaskan masyarakat yang kompetitif berbudaya  dan  amanah”
Sejalan dengan Visi Pemerintah Kota Bogor dan Dinas Pendidikan Kota Bogor maka,    Visi SMP YZA 2 Bogor adalah
Mewujudkan Sekolah Yang Agamis, Dinamis dan Berintelektual ( ADAB )
Indikator visi :
a.       Santun dalam perilaku dan ucapan serta pengamalan nilai keislaman;
b.      Optimal dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik.

 
c.       Optimal dalam pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah;
d.      Peningkatan  nilai KKM, UN dan US
e.       Peningkatan Prestasi dalam lomba Mata Pelajaran
f.        Peningkatan Prestasi dalam kegiatan Lomba Ekstra Kurikuler;
g.       Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

C.         MISI
-         Melaksanakan nilai - nilai keislaman dalam etika kehidupan, ucapan serta prilaku pada kehidupan sehari - hari
-         Memberikan layanan pendidikan secara professional untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik;
-         Meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana serta penataan lingkungan sekolah
-         Meningkatkan kualitas lulusan
-         Meningkatkan pembinaan bidang akademik;
-         Melaksanakan Ekstra Kurikuler secara terprogram;
-         Memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan prestasi kerja.

D.         TUJUAN
Pada tahun 2013/2014 dalam jangka waktu 4 (empat) tahun diharapkan SMP YZA 2 Bogor memiliki tingkat ketercapaian :
1.      Meningkatkan rata-rata nilai UN;
2.      Mempertahankan target lulusan;
3.      Meningkatkan rata-rata penentuan nilai KKM;
4.      Peserta didik beragama Islam mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar;
5.      Peserta didik mampu melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama yang dianut;
6.      Meningkatkan prestasi Ekstra Kurikuler ditingkat Kota, Provinsi dan nasional.
7.      Peserta didik mampu mengoperasikan komputer dan memanfaatkan jaringan intranet/internet
8.      Peserta didik mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik
E.         SASARAN
Pada tahun 2010/2011 SMP YZA 2 Bogor dapat menembus keinginan yakni memiliki :
1.      Rata-rata peningkatan nilai UN + 0,25
2.      Mempertahankan lulusan peserta didik 100%.
3.      Menentuakan peningkatan rata-rata nilai KKM + 2,5 ;
4.      Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta mampu menghafal Al-Qur’an Juz 30.
5.      Peserta didik mampu melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai ajaran agama yang dianut;
6.      Tim Ekstra Kurikuler menjadi juara tingkat Kota, Provinsi dan Nasional
7.      85 % peserta didik mampu mengoperasikan komputer dan memanfaatkan jaringan intranet/internet
8.      10 % peserta didik mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik



BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.   Struktur Kurikulum

Struktur dan muatan Kurikulum SMP YZA 2 Bogor meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut.
(1)    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
(2)    Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

Tidak ada komentar: